Minggu, 12 Februari 2017

#Misi21 Day 2 : Mengeksekusi Empat Resep

Saya suka makan. Suka sekali. Bisa dibilang, selama makanan itu tidak menjijikkan dan halal, saya bisa suka. Pagi ini saya terbangun dengan bingung. Saya langsung berpikir mengenai hari ke-2 di #Misi21 ini. Apa yang akan saya lakukan hari ini? Tepatnya, hal baru apa yang akan saya lakukan hari ini? Menjelang siang sedikit, saya mulai tahu harus apa hari ini. Dan itu berhubungan dengan makanan. 


Sejak beberapa tahun yang lalu, saya adalah penggemar setia resep-resepnya Mbak Endang. Empunya blog justtryandtaste.com. Bisa dibilang, blog itulah satu-satunya panduan saya dalam memasak dan mencari resep. Misalnya suatu hari saya bingung cara masak ayam mentega, maka saya tinggal ketik keyword 'ayam mentega just try and taste' di google dan voilaaa...biasanya hasil pencariannya tidak pernah mengecewakan. Blog Mbak Endang selalu menyajikan resep apa pun yang saya butuhkan. Selain itu, Mbak Endang selalu memiliki tips-tips jitu yang selalu dia bagi untuk para pembaca. Cara penulisan resepnya pun dilengkapi foto dengan kualitas yang baik dan diawali dengan narasi pembuka berupa curhatan Mbak Endang yang biasanya sangat bermanfaat. Biasanya, dalam satu hari yang santai, saya hanya mengeksekusi satu resep Mbak Endang, sesuai kebutuhan. Tapi, pagi tadi, dengan semangat #Misi21 yang masih menggelora, saya berniat mengeksekusi empat resep. Bukan makanan besar, hanya cemilan-cemilan untuk mengisi waktu libur keluarga. Tapi, mengingat minat saya akan memasak yang rendah, cemilan-cemilan ini pun butuh energi dan keteguhan hati yang lebih untuk bisa terwujud bentuknya. 

Di postingan ini saya tidak akan berbagi resep karena resepnya bisa dicek langsung di justtryandtaste.com, saya juga menyertai setiap judul resep dengan linkback ke halaman resepnya. Di postingan ini, saya hanya ingin berbagi cerita bagaimana akhirnya empat cemilan berupa 3 makanan dan satu minuman ini bisa tersedia. 

Pertama, Bakwan Sayur dengan Saus Asam Pedas Manis. Resep ini sudah berkali-kali saya eksekusi dan tidak pernah bosan. Bedanya dengan bakwan lain adalah bakwan sayur ini sangat crispy karena digoreng tipis-tipis. Tips agar bisa tipis adalah mengambil adonannya dengan garpu. Selain itu, semua sayurnya dipotong seukuran korek api. Saya membuat dua resep karena kalau satu pasti kurang. Jadi, semua takaran saya kalikan dua. Bila bakwan biasa pelengkapnya adalah cabai rawit atau cuka, maka bakwan ini dilengkapi dengan saus asam pedas manis. Asam berasal dari cuka makanan (optional, saya tidak pakai), pedas berasal dari cabai rawit yang dihaluskan dengan jumlah sesuai selera, dan manis berasal dari gula pasir yang juga dihaluskan. 

Sausnya kalau di resep warnanya merah karena pakai cabai rawit merah.
Kedua, Tahu Crispy Siram Cabai, Bawang, Garam. Resep pertama dieksekusi dengan malas-malasan sampai jam 11 siang. Hahaha...Lalu saya mulai malas untuk melanjutkan ke resep kedua padahal semua bahan sudah siap. Tadinya malah berniat untuk membuat taburannya saja dan menggoreng nugget sebagai ganti tahu crispy *pemalas*. Tapi melihat dua bungkus tahu yang menatap dengan penuh harap, saya jadi luluh. Resep ini pun berhasil dieksekusi dengan selamat sentausa. Kalau resep pertama tidak terlalu menarik minat Om Taurus karena dia tidak suka sausnya yang pedas, maka tahu cripsy ini berhasil mengalihkan dunianya #tsaaah. Padahal ini juga pedas, sih!

Paling enak disantap saat masih panas. Pakai nasi tok udah bahagia!

Ketiga, Nachos dengan Saus Keju dan Salsa. Tadinya sudah mau berhenti di resep kedua. Beneran malas, apalagi saya belum sempat beli keripik jagung tortilla dalam wujud Happy Toss dan susu cair untuk kepentingan pembuatan saus keju. Berkat Om Taurus yang mau minta antar cuci mobil, -tapi nggak jadi saat lihat langit mulai mendung- saya pun dengan setengah hati pergi membeli bahan-bahan tersebut. Beli bahan selesai, pulang, dan lanjut masak lagi. Saya tidak memakai cabai bubuk di saus keju ini karena khawatir Zahir kepedasan. Itu menyebabkan saus saya tidak mengandung warna merah. Selain itu, rasa-rasanya, saus keju yang saya buat terlalu kental. Enak, sih tapi jadi mirip kentang tumbuk hahaha...

Ini penampakan saus keju yang lebih mirip kentang tumbuk :))

Keempat, Strawberry Smoothies. Tadinya, karena melihat oatmealnya Mama yang masih ada sebungkus gede belum dibuka, saya mau bikin resep Smoothie Stroberi dengan Oatmeal tapiii...setelah 3 resep kok ya Hayati lelah. Selain itu, perut ini rasanya nggak kuat lagi untuk menampung minuman mengenyangkan karena pakai oatmeal. Padahal pisang sudah dibekukan. Jadinya, dibantu si adik bungsu, kami hanya membuat Strawberry Smoothies tok! Strawberry, yoghurt, susu cair, es batu, semua diblender dan selesai, dan menyegarkan.

Strawberry Smothies yang nggak jadi pakai oatmeal

Nah, hari kedua di #Misi21 ini sudah diselesaikan. Untuk pertama kalinya saya mengeksekusi empat resep dalam sehari. Padahal resepnya cuma cemilan. Seru sih, tapi besok-besok mungkin satu atau dua resep saja, deh. Saya tidak terlalu sigap di dapur, benar-benar banyak makan waktu. Waktu saya bermain dengan Zahir jadi berkurang, lalu tidak sempat tidur siang :((. Salut dengan teman-teman yang hobi memasak dan bisa memasak dengan cepat. 👍👍👍


20 komentar:

  1. woot! 4! ah aku ngga kebagian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, empat dan ngos-ngosan. Makanya mampir, ih kalau lagi di Kemiling :))

      Hapus
  2. yang satu dan dua menggiurkan... .. yg tahu apalagi.... aaaakkk tahuuu..

    BalasHapus
  3. Coba bikin yang banyak terus dikirim ke rumahku, Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm...tar kalau aku udah handal ya, Kim biar gak malu-maluin kalau ngirim hahaha...

      Hapus
  4. empat resep dalam sehari! marvellous!

    itu nachos, demi penasaran, kmaren akhirnya ngerasain happy toss yg rasa keju itu, ah itu padahal masuk #misi21 juga ya ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Dan itu repotnya kayak lagi hajatan, padahal cemilan doang. Hehehe

      Wah, saya malah belum pernah cobain happy toss yang rasa keju. Enak ya?

      Hapus
    2. Enak, berhubung blm pernah nyoba kan skalian bisa jd misi selanjutnya ehehehe

      Hapus
    3. Oiyaaa...betul-betul! 😁😁😁😁

      Hapus
  5. Ngiler nachosnyaa Happy Toss.. Udah lama ngga makan itu.
    Rajin mbaaa ❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aslinya males banget masak, Mbak Uci. Tapi pengen sekali-sekali nyobain resep agak banyak hehehe...

      Dan resep saus kejunya justtryandtaste.com itu enak banget, Mbak :))

      Hapus
    2. Aku jg sering intip blog blio 😊😊

      Hapus
  6. Wooow...empat resep sekaligusss!! Keren, iiiih.... Etapi, klo 4 resep sehari emang makan waktu banget sih, Tan XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...padahal itu cuma cemilan, gak pake giling-gilingan dan bakar-bakaran, Tan tapi repotnya kayak masak besar.


      Hapus
  7. Kadang yg giling2an dan panggang2an itu keliatannya aja ribet tan, pdhl yg ngerjain si blender sama oven, wkwk

    Btw, itu bakwan sayur tipis teh bala-bala bukan? Aku kangen sangat lah dengan bala2... T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja taaaaan...aku baru ngeh kalau bala-bala itu sejenis bakwan pas kuliah. Dan tiap denger bala-bala, aku malah inget Tina Toon *orang
      jadul*

      Hapus
  8. Yaampun mb enak enak bingit, aku mpe cleguk cleguk gini liatnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain, Mbak. Itu aku milih empat resep yang paling simpel. Hehehe...resep sesimpel itu aja, kalau aku yang bikin, berhasil membuat dapur aku jadi kayak mau hajatan >,<

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus