Rabu, 15 Februari 2017

#Misi21 Day 5 : Tidak Membuka Socmed 12 jam.

Gambar dari sini

Hari ini libur nasional karena di beberapa daerah sedang melangsungkan pemilihan kepala daerah. Termasuk kabupaten tempat saya bekerja. Kenapa #Misi21 kali ini hanya tidak membuka socmed? Kenapa tidak sekalian No Gadget? Karena saya butuh nelpon/whatsapp/bbm beberapa orang terkait pekerjaan kantor. Tapi percayalah. Sampai jam segini saya tidak tahu apa yang diposting teman-teman saya di path, facebook, instagram, twitter, line, dll. Dan sampai jam segini juga saya tidak tahu berita terkini terkait pilkada DKI Jakarta dan pilkada daerah lainnya. Bukan. Bukan berarti saya benci politik. Mana bisa. Kuliahnya di FISIP masa' benci politik. Benci tokohnya mungkin, tapi saya tidak mungkin membenci ilmunya. Jadi ketidaktahuan saya ini benar-benar demi menyukseskan #Misi21. 

Saya tidak mau sok-sokan bilang kalau tidak membuka social media demi waktu bercengkerama dengan keluarga. Nyatanya, Om Taurus asik di depan TV, anak saya lagi jalan-jalan dengan ayah bunda dan kakak sepupunya, dan saya berniat baca buku tapi pekerjaan yang diminta selesai besok ternyata masih banyak yang harus direvisi. Semua gara-gara saya salah copy file. File yang saya simpan di leptop adalah file yang belum diedit. Semalam saya nyerah. Tapi pagi ini semangat lagi. Sepertinya semalam saya hanya butuh tidur.

Masih ada satu jam menjelang waktu berbuka #Misi21. Agak penasaran dengan perolehan suara di pilkada Jakarta. Tapi saya harus sabar. Soal sabar, saya jadi ingat video yang dikirim teman saya lewat whatsapp. Video itu tentang ibu-ibu yang solatnya tidak khusyu'. Sepanjang solat yang dia pikirkan adalah, "Masak apa hari ini buat anak-anak? Di kulkas ada apa? Sepertinya ada ayam. Ayamnya enak di masak apa? Bumbu rica-rica atau kecap? Kecap aja deh. Kalau gitu ayamnya harus digodok dulu...dll...dst..."

Akibatnya, di tengah solatnya muncul pertanyaan, "Ini sudah rakaat berapa?"

Lalu, di closingnya, terdengarlah suara narator, "Kenapa ini terjadi. Karena kamu kurang sabar. Badanmu masih di atas sajadah tapi pikiranmu sudah ke dapur."

Plak! Ketampar deh saya.

Selamat malam Kamis rasa malam Senin teman-teman.

16 komentar:

  1. Saya pernah dulu,, entah kapan, puasa internet selama satu bulan kalo ga salah. Oiya saya ada rekues pertemanan dg njenenfan di fb tp blm diapprove sampe sekarang #sekilasinfo :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernahnya puasa Path sih. Itu sampe berbulan-bulan. Sampe sekarang juga. Sudah aku approve ya, Mas..:)))

      Hapus
  2. WAH INI PERLU DICOBA! *masukin salah satu list misi21

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain, Taaaan...tp aku agak susah kalau puasa whatsapp hahaha.

      Hapus
  3. Banget banget bange aku pengen nyobain ini hihiii, moga moga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa, Mbak kalau cuma 12 jam. Yang susah itu kalau berhari-hari. Tangannya agak gatel buat update hehehe...

      Salam kenal :)))

      Hapus
  4. Aku pernah dong gak buka Twitter, IG, Path, dan Facebook sekitar 1,5 bulan. Ternyata memang betul kalau puasa socmed itu bisa bikin jiwa lebih tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa...bener banget. Tapi gak enaknya aku jadi nggak tau kabar teman-teman tersayang. :(

      Hapus
  5. aku kedistrak sama videonya. pgn nonton. rasanya kena plak juga =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya mau aku share videonya, Piah..tapi..tapi..lupa nyimpen di man *plak*

      Hapus
  6. Saya pernah melakukan begini selama erm... Lupa berapa hari bukan karena diniatkan tapi karena ada aja kendalanya, mulai dari paketan tidak bisa didaftarkan sampe HP yang rusak... hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi terpaksa ya, Mbak. Terpaksa malah jadi lebih ringan kayaknya, kalau niat sendiri kok ya lumayan berat :(

      Hapus
  7. Ahahhaa itu video whatsapp apa deh. Gue juga suka kayak gitu kadang2. Astagaaa harus lebih fokus nih. \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu serius lucu banget videonya. Saya aja ngakak-ngakak nontonnya. Sayang saya lupa nyimpen di mana karena udah dipindah ke leptop :(

      Hapus
  8. Saya kalo hari minggu hanya buka socmed kalo ada perlu. Hari senin sampai sabtu saya usahakan ada sekitar dua jam gak buka socmed, bahkan kadang hp saya matikan.
    Hari tanpa socmed menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, tapi memulai komitmen untuk terus seperti itu kok ya susah banget ya :(

      Hapus